Informasi, Tips dan Panduan Wisata Citumang Pangandaran

tips informsai body rafting citumang

Iinformasi, Tips dan Panduan Wisata Citumang, Pangandaran. Penting dibaca sebagai informasi awal dan panduan penting sebelum Kamu berkunjung dan beraktivitas Body Rafting di Citumang Pangandaran. Bagaimana bisa berhemat dalam pengeluaran biaya wisata di Citumang. Hingga saat ini Citumang masih memegang rekor dalam hal jumlah kunjungan dan menjadi sangat populer dan favorite bagi pengunjung.

Citumang dikelola oleh Perhutani dengan tata kelolas sebagai Wana Wisata Citumang, area kawasan wana wisata Citumang memiliki luasan 6,6 ha yang terletak pada petak 13 b RPH Cisaladah BKPH Pangandaran, KPH Ciamis, sedangkan menurut administrasi pemerintahan termasuk dalam wilayah Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Wana wisata Citumang terletak pada ketinggian antara 100-150 m dpl, konfigurasi lapangan umumnya datar dan kawasan ini mempunya suhu udara antara 25-28 C

Citumang Body Rafting Pangandaran

1# Potensi Kawasan Wana Wisata Citumang Pangandaran

Wana wisata Citumang berupa hutan lindung yang memiliki sumber air berupa mata air dan sungai yang saat ini dimanfaatkan untuk wisata tirta berupa Pemandian Alam dan mengairi lahan pertanian dan kebutuhan air bersih masyarakat sekitarnya.

Potensi visual lansekap menuju lokasi cukup menarik dengan pemandangan alam berupa panorama hutan dan batuan karst, sedangkan gejala alam/potensi visual lansekap di dalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah air terun sungai dan panorama alam.

Nama Citumang lahir dikarenakan setelah aliran hulu sungai keluar dari gua kemudian jatuh membentuk curug atau air terjun, akan tetapi dibalik curug tersebut terdapat sebuah gua lain yang cukup panjang persis dibawah permukaan sungai yang berada di atasnya. Sedangkan airnya sama bersumber dari gua yang berada di bagian hulu.

Posisinya ada berada diatasnya atau numpang, istilah ini berasal dari kata Cai (air) dan Tumpang (numpang) diatasnya, akan tetapi masyarakat lebih suka menyebutnya sebagai Citumang daripada Citumpang.

Keadaan hidrologi di kawasan wana wisata Citumang terbesar berasal dari sungai Citumang yang digunakan oleh masyarakat desa sekitar hutan sebagai sumber mata air utama yang digunakan untuk keperluan sehari-hari

Citumang Body Rafting Pangandaran

2# Citumang, Dari Pangandaran Hanya 30 menit atau 15 km

Citumang dari Pangandaran, cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi Anda. Dari pantai barat Pangandaran bisa melintasi rute Cikembulan pass, menyususi jalan raya Cijulang dan berbelok ke Jl. Citumang. Hanya membutuhkan waktu 30 menit atau menempuh jarak 15 km, Anda bisa mengikuti panduan dari google map atau papan petunjuk arah yang banyak dipasang di pinggir jalan hingga tiba di tujuan.

Sebelum datang ke Citumang, sebaiknya bikin janji ketemuan dengan kontak person pemesanan tiket, dan minta informasi lokasi parkir yang akan dituju, Parkir 1 atau Parkir 2. Jika merasa kesulitan akan dibantu pandu sampai lokasi parkir yang telah ditentukan Pemandu.

Kendaraan bisa di parkir dengan aman dengan pilihan dua area parkir, Citumang Parkir 1 dan 2. Pastikan lokasi untuk parkir kendaraan tidak salah tujuan, silahkan koordinasi dengan marketing pemesanan tiket sebelumnya. Karena masing-masing area parkir memiliki shelternya sendiri-sendiri, salah lokasi parkir artinya anda rela jalan kaki lumayan jauh menuju shelter yang akan dituju.

Santirah River Pangandaran

3# Harga Tiket Masuk Wana Wisata Citumang Hanya Rp 20.000/orang

Harga Tiket Masuk Wana Wisata Citumang Pangandaran, cukup terjangkau semua kalangan dengan biaya sebesar Rp. 20.000/orang untuk hari biasa dan Rp. 25.000/orang saat akhir pekan (weekend) atau liburan Nasional. Harga tiket tersebut bukan untuk aktivitas Body Rafting, melainkan menikmati wisata alam di komplek Wana Wisata Alam Citumang. Anda bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalam komplek wana wisata, kolam renang, jogging track, kolam ikan terapi dan lainnya.

Tidak harus Body Rafting, atau gunakan waktu untuk menunggu rekan lain yang beraktivitas Body Rafting di Wana Wisata Citumang. Anda bisa berenang di kolam renang, trekking ke bukit menuju spot Green Valley, Terapi Ikan dan lainnya.
kolam renang untuk anak anak kolam terapi ikan

4# Di Citumang Tersedia Kolam Renang dan Kolam Ikan Terapi

Kolam Renang dan Kolam Ikan Terapi, hanya di Citumang yang menyediakan fasilitas wisatanya dengan kolam renang dan kolam ikan terapi. Bagi anggota keluarga atau rekan yang tidak bersedia bergabung dengan team Body Rafting, tidak harus bengong menunggu di kendaraan yang diparkir, atau umumnya di warung makan. Citumang menyedikan arena bermain dan kegiatan lainnya selain Body Rafting, dan kamu bisa lakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Duduk santai di pinggir kolam ikan terapi, merendam sebagian kaki dan menyaksikan ikan-ikan kecil berkerumun mencari makanan mereka.
  • Berenang di kolam renang yang lokasinya tidak jauh dari titik start Goa Citumang
  • Trekking ke lokasi spot Green Valley Citumang
  • Menikmati hidangan dan bersantai di Gazebo atau Saung disekitar lokasi Wana Wisata Citumang
Explore Pangandaran

open trip bromo